Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2022): Maret 2022

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN E-MODUL BERBANTU KODULAR PADA SMARTPHONE

Ratu Syifa Fauziyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nurul Anriani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isna Rafianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan media pembelajaran berupa E-modul berbantu Kodular Pada Smartphone. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan penelitian ini yaitu Tahap Persiapan, Pelaksanaan Penelitian, dan Tahap Akhir. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengetahui keadaan awal serta kemampuan siswa. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa menggunakan e-modul berbantu kodular pada smartphone. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa yakni sebesar 0.57 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Adapun indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, peningkatan paling tinggi diantara ketujuh indikator berdasarkan hasil n-gain dari tes awal dan tes akhir yaitu indikator 5 yakni menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Sementara indikator yang memiliki peningkatan kategori sedang yang lebih rendah daripada indikator yang lainnya adalah indikator 2 yakni mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...