Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2021): Maret 2021

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP

Triana Andianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isna Rafianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan yang dapat membantu siswa untuk memahami pembelajaran matematika yang dianggap sulit menjadi lebih mudah, karena dengan berpikir kreatif siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematikanya dengan menggunakan caranya sendiri. Selain kemampuan kognitif, Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran siswa yaitu kemampuan afektif salah satunya yaitu self-regulated learning atau kemandirian belajar siswa. Self-regulated learning merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk menjadikan siswa lebih mandiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam berpikir kreatif matematis ditinjau dari self-regulated learning siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri kota Cilegon. Prosedur penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian, tahap analisis data, dan tahap penyusunan laporan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa yang memiliki self-regulated learning tinggi merupakan siswa yang kreatif, siswa yang memiliki self-regulated learning sedang merupakan siswa yang cukup kreatif, dan yang terakhir yaitu siswa yang memiliki self-regulated learning rendah merupakan siswa yang kurang kreatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...