Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2022): Juni 2022

ANALISIS SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA SMP BERDASARKAN TEORI ROSENBERG

Mu'minatu Fadhila Tohir (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Anwar Mutaqin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-esteem matematis siswa SMP negri dan swasta berdasarkan teori Rosenberg. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pasarkemis dan SMP Islam Iqro Pasarkemis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Untuk mengukur tingkat self-esteem matematis digunakan angket berdasarkan RSES (Rosenberg Self-Esteem Scale) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self-esteem antara siswa sekolah negeri dan swasta. Secara keseluruhan tingkat self-esteem siswa negeri lebih tinggi dibanding dengan self-esteem siswa swasta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...