Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pembelajaran Daring

Airita Solehah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Hepsi Nindiasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abdul Fatah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya penyebaran virus corona di indonesaia. Hal ini menyebabkan pembelajaran disekolah harus dilakukan melalui daring. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang digunakan pada penelitian ini yaitu pembelajaran asycncronus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kota Cilegon. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalahnya tinggi sebanyak 9 siswa atau persentase sebesar 40,91%, siswa yang memiliki kemampuan sedang sebanyak 7 siswa atau 31,82%, siswa yang memiliki kemampuan rendah sebanyak 5 siswa atau 22,73% dan terdapat 1 siswa atau 4,55% yang mempunyai kemampuan pemecahan masalahnya sangat tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...