Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal uraian yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 187 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 187 Jakarta. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampelnya yaitu seluruh siswa kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-D yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yakni penerapan brain-based learning dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020