Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada saat pembelajaran matematika dilakukan secara daring karena pandemic Covid-19. Pembelajaran daring yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran daring tipe asynchronous yaitu pembelajaran daring pada waktu yang tidak bersamaan.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII materi garis dan sudut. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A MTs Negeri 3 Cilegon sebanyak 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tingkatan kategori kemampuan pemahaman konsep siswa, yaitu ada 6,7% siswa dengan kategori sangat baik, 60% siswa dengan kategori baik, 26,7% siswa dengan kategori cukup, dan 6,7% siswa dengan kategori sangat kurang. Kemampuan pemahaman konsep yang paling tinggi ada pada indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dalam suatu konsep dan yang paling rendah ada pada indikator mengaplikasikan konsep secara algoritma.
Copyrights © 2020