Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2021): Maret 2021

Konstruksi Konsep Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS

Syela Rizki Amelia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menggambarkan konstruksi konsep sistem persamaan linier tiga variabel bagi siswa SMA berdasarkan Teori APOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah APOS Research Cycle. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XI yang telah mendapatkan materi sistem persamaan linier tiga variabel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek S mengalami mekanisme mental interiorization yaitu tahap action menuju tahap process belum sempurna, mekanisme encapsulation yaitu tahap process menuju tahap object sudah sempurna, mekanisme mental de-encapsulation yaitu tahap object menuju tahap process belum sempurna, mekanisme mental assimilation yaitu tahap object dengan adanya schema baru yaitu schema operasi aljabar belum sempurna, dan mekanisme mental coordination yaitu tahap object menuju tahap object sudah sempurna.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...