Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2022): Juni 2022

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIRTUAL DI SMP

Erwin Yuniyanto (Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan SMPN 29 Tangerang)
Syamsuri Syamsuri (Unknown)
Aan Hendrayana (Unknown)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran kelas virtual SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa di SMPN 29 Kota Tangerang kemudian sampelnya ialah siswa kelas VIII dan diambil sampel 4 kelas. Metode Pengumpulan data ini adalah pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa yang disebarkan melalui Google Forms, terdiri dari 20 pernyataan dengan masing-masing 10 pernyataan positif juga 10 pernyataan negatif dengan 5 pilihan jawaban. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan minat belajar siswa pada pembelajaran kelas virtual matematika pada empat indikator yaitu sebesar 35,44% siswa merasa senang terhadap pembelajaran, 46,45% siswa tertarik belajar matematika, 44,11% siswa menunjukkan perhatian pada pembelajaran matematika, dan 62,21% siswa menunjukkan keterlibatan dalam pembelajaran matematika yang dilakukan. Hasil ini menunjukkan bahwa minat belajar matematika pada pembelajaran matematika kelas virtual masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...