Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2023): Maret 2023

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN KETERAMPILAN ABAD 21

Fannisa Oktaviasari (Unknown)
Heni Pujiastuti (Unknown)
Ria Sudiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Pembelajaran matematika abad 21 bukan lagi tentang berhitung, melainkan mencari cara sebagai pemecahan masalah. Bahan ajar adalah salah satu yang membantu menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkannya dengan mengangkat tema Kearifan Lokal dan Keterampilan Abad 21. Material yang dipilih merupakan Integral untuk kelas XI. Kearifan lokal yang digunakan adalah kearifan lokal Banten, dan keterampilan abad 21 yang dimaksud adalah keterampilan berpikir atau 4C’s Skills Critical & Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity & Innovation Skills). Selain itu pengembangan juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dinamakan MoTif: Integral 1. Penelitian dan Pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. Hasilnya, materi ajar MoTif: Integral 1 berbentuk aplikasi android. Kelayakan diuji oleh pakar pendidikan. Dosen sebagai uji validitas, guru matematika sebagai uji praktikalitas, dan peserta didik sebagai uji praktikalitas dan keefektifan. Uji validitas menunjukkan sangat valid dengan 86%. Uji praktikalitas menunjukkan kategori praktis dengan 83.30%. Kemudian uji keefektifan menunjukkan sangat efektif dengan 89,47%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...