Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B MTs Negeri Kabupaten Serang. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan tes. Teknik analisis data melalui tiga aktivitas, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah matematis yang dipaparkan oleh Pujiastuti : 1) Mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan, 2) Memilih dan menerapkan strategi atau prosedur pemecahan masalah, 3) Memeriksa dan menjelaskan kebenaran hasil atau jawaban sesuai permasalahan yang ditanyakan. Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa banyaknya siswa pada masing-masing kategori kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana 23,5% siswa berada pada tingkat tinggi, 55,9% siswa berada pada tingkat sedang, dan 20,6% siswa berada pada tingkat rendah. Selain itu terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang disebabkan: 1) kurang memahami masalah yang diberikan, 2) perencanaan penyelesaian masalah yang tidak tepat, 3) tidak teliti dalam perhitungan, 4) ragu-ragu dengan hasil penyelesaian masalah yang diperoleh.
Copyrights © 2020