penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Madinatul Hadid. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus . Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan RME yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada masalah himpunan dengan menggunakan video permainan 17an. Pada langkah memahami masalah kontekstual, peneliti memberikan video mengenai permainan 17an dan siswa diberikan soal untuk mengelompokan data tersebut. Pada langkah menyelesaikan masalah, siswa diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut. peneliti membimbing siswa yang mengalami kesulitan dan memancing pemahaman siswa tentang pengelompokan tersebut, serta pada siklus II peneliti mendorong siswa untuk membuat pengelompokan menjadi diagram venn. Pada langkah membandingan dan mengomentari hasil kerja, siswa diminta untuk menunjukan hasil pekerjaannya ataupun mempresentasikan didepan dan melihat perbedaan masing-masing orang. Peneliti berperan dalam mengarahkan siswa pada jawaban yang benar jika jawaban siswa kurang tepat. Pada langkah menyimpulkan, peneliti mengarahkan siswa untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini ataupun guru memberikan kesimpulan secara singkat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022