Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 1, No 3 (2020): September 2020

Pengembangan Papan Permainan Go-KuMath 3D sebagai Media Pembelajaran Matematika

Rachmat Bayu Aji (Pendidikan Matematika - UNTIRTA)
Ria Sudiana (Unknown)
Aan Subhan Pamungkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Penting bagi guru matematika dalam menyajikan latihan soal secara menarik, salah satunya menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan papan permainan Go-KuMath 3D yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk proses latihan soal pada materi turunan fungsi aljabar. Media ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas baik secara kelompok maupun klasikal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari langkah Analysis,Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Papan permainan Go-KuMath 3D telah dinyatakan valid dari aspek ahli materi dan aspek ahli media dengan persentase rata-rata keduanya sebesar 75% dan termasuk kategori baik. Go-KuMath 3Dtelah diujicobakan kepada siswa kelas XI. Hasil dari penilaian kepraktisan sebesar 88,5% masuk kategori sangat praktis dan penilaian keefektifan sebesar 97,14% masuk kategori sangat efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa papan permainan Go-KuMath 3D layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...