Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal

PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI

Ali Amin (Unknown)
Kasful Anwar (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Habib Muhammad (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi berada di Kecamatan Danau Teluk tepatnya di Jalan KH.Hasan Anang Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk sekitar 1 KM dari Pasar Tradisional Olak Kemang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Proses Pembelajaran Fiqh siswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi, beserta problematika dalam pembelajaran Fiqhsiswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi , dan apa yang dilakukan guru fiqih untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk memperoleh data tesebut peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, triangulasi, pengujian keabsahan data dengan menggunakan beberapa variabel atau skripsi yang relevan saling berkaitan sehingga dapat memperkuatkan data yang didapati dalam penelitian. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data, peneliti memahami terlebih dahulu penelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini yang sudah diteliti oleh orang lain ditempatkan untuk memperkuatkan isi dari skripsi yang bermutu. Analisis data dilakukan dengan tiga komponen analisis yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Problematika guru dalam pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kota Jambi adalah Problem siswa,Problem guru, Problem lingkungan, problem kurikulum dan Problem sarana dan prasarana. kurikulum Upaya dalam mengatasi problem sarana dan prasarana.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Islamic Education Studies (IES) adalah jurnal pendidikan agama Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. IES mempublikasikan artikel hasil penelitian dan kajian pendidikan agama Islam yang ditulis oleh ahli dari berbagai negara. IES fokus pada ...