Prosiding Seminar Riset Mahasiswa
Vol 1, No 1: Maret 2023

Game Platformer 2d Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Dengan Implementasi Algoritma A-Star Dalam Mencari Jalur Terdekat Pada Pergerakan Npc (None-Player Character)

Achmad Sa’ad Hamdi (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Alfian Nurlifa (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Imron Rosyidi (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Zaebi Agustia Hidayatullah (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Pada dasarnya game dibuat hanya untuk melepas penat dan sebagai sarana hiburan semata, namun seiring dengan perkembangan zaman, game tidak lagi menjadi ajang melepas penat, namun dapat dijadikan sebagai sarana edukatif dalam membantu proses belajar dan mengajar menjadi menyenangkan. Game yang saat ini masih ada dan dikembangkan adalah game aliran platformer, dimana pemain diharuskan untuk melewati berbagai macam rintangan yang ada untuk mencapai skor tertinggi, Tujuan dalam penelitian ini tidak lain yaitu membantu para guru untuk menjadikan game sebagai salah satu alternatif media pembelajaran matematika dan menerapkan Algoritma A* pada NPC sehingga musuh dapat menggunakan rute terpendek dalam mencari Karakter. Proses pembuatan game ini menggunakan software Construct 2, sehingga output dari game ini adalah berbasis web.Keyword: Game, A Star, Construct 2, Edukasi, Media Pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

serima

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Seminar Riset Mahasiswa (SERIMA) adalah seminar nasional yang diikuti oleh para mahasiswa berisi riset/penelitian yang telah dikerjakan selama mejadi mahasiswa baik berupa skripsi, tugas akhir mahasiswa, proyek kelompok mahasiswa, kerja praktek, asisten peneiliti dosen atau bentuk kegiatan riset ...