UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology
Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019

PERFORMANCE ANALYSIS OF THE NATIONAL ROAD NETWORK: CASE STUDY OF MAROS - PANGKEP

Maryam H (Lecture Civil Engineering Indonesian Moeslim University (UMI))
Lambang Basri Said (Lecture Civil Engineering Indonesian Moeslim University (UMI))
Muhammad Ahyuddin (Lecture Civil Engineering Indonesian Moeslim University (UMI))



Article Info

Publish Date
19 Oct 2019

Abstract

Terganggunya kelancaran lalu lintas ini disebabkan oleh aktifitas keluar masuknya kendaraan dari atau menuju Grand Mall Maros dan hambatan samping yang menyebabkan berkurangnya lebar efektif badan jalan, turunnya kinerja ruas jalan, konflik lalu lintas dan meningkatnya hambatan atau delay. Data yang diperlukan pada studi ini berupa : (a) Data primer yang diperoleh dari hasil survai langsung di lapangan. (b) Data sekunder yang diperoleh dari instansi pemerintah atau swasta. Dalam analisis kinerja ruas jalan menggunakan panduan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan Poros Makassar Maros tepatnya di Km 23+000 dengan beroperasinya grand Mall Maros, diwaktu tertentu diperoleh nilai derajat kejenuhan 1,57 atau 157% dari kapasitas Jalan yang ada dan tidak memenuhi syarat derajat kejenuhan MKJI 1997 pada tingkat pelayanan F dimana sering terjadi kemacetan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

UNDERPASS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology is an international language national journal that publishes the best peer-reviewed research in all fields of science and technology based on originality, importance, interdisciplinary interest, timeliness, accessibility, ...