Journal of Vocational Instruction
Vol 1, No 2 (2022): November

PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENAMPILKAN GAMBAR PROYEKSI PIKTORIAL (3D)

Pahlefi, Singgih (Unknown)
Khumaedi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality dan menguji peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyajikan gambar proyeksi piktorial 3 dimensi dalam sistem pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan desain uji true experimental jenis pretest-posttest two group control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 untuk kelas control dan X TKR 2 untuk kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 34 dan 33 siswa. Hasil uji coba ahli media memperoleh presentase kelayakan sebesar 81%, sehingga memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 0,91 untuk kelas control dan 4,30 untuk kelas eksperimen. Hasil uji t untuk nilai post-test thitung = 3,23 > ttabel 1,6692 dengan nilai signifikansi 0,002, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil post-test antara kelas kontrol dan eksperimen yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan media Augmented Reality dengan pembelajaran biasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jovi

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

Jurnal JoVi; Journal of Vocational Instruction adalah salah satu jurnal yang konsisten memuat berbagai jenis artikel berupa hasil penelitian, gagasan dan kajian pustaka di bidang pendidikan, teknologi dan kejuruan khususnya pada bidang Teknik Mesin. Jurnal JoVi terbit 2 kali pada Bulan Mei dan ...