Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan
Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Juli 2022

Perbandingan Strategi Competitive Analysis antara Indomaret dan Alfamart Menggunakan Metode Analisis Porter’s Five Forces

Gabriele Yosefhine (Universitas Ma Chung)
Joanna Melodya (Universitas Ma Chung)
Chavia Zagita (Universitas Ma Chung)
Soetam Rizky Wicaksono (Universitas Ma Chung)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Abstrak Toko ritel menjadi pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Masyarakat masa kini merasa lebih puas bila berbelanja di toko ritel ternama karena banyak faktor. Salah satunya karena toko ritel ternama tentunya jauh lebih dapat dipercaya kebersihan dan keamanan produknya dan toko ritel ternama memiliki prosedur yan lebih tertata dan menjamin keamanan produknya. Hal ini membuat toko ritel bertumbuh pesat.Salah satu industri waralaba ritel yang berkembang pesat adalah Indomart dan Alfamart. Kedua ritel ini sama-sama memiliki kekuatan baik dalam strategi pemasaran, operasional, dan sumber dayanya. Keduanya sama-sama ritel besar yang berkembang sangat cepat di Indonesia. Dengan menggunakan Porter’s Five Forces Analysis bisa digunakan untuk mengetahui jenis strategi serta kekuatan masing-masing perusahaan. Teori ini diperkenalkan pertama kali oleh Michael Porter, yang digunakan untuk menganalisis bagaimana lingkungan yang kompetitif akan berpengaruh terhadap pemasaran suatu produk. Dengan analisis ini akan diketahui memberikan informasi terkait perkembangan perusahaan di bagian keunggulan kompetitif dan menjadi dorongan tersendiri untuk mau melanjutkan perkembangan perusahaan serta bagaimana kedua perusahaan memiliki ‘persaingan sehat’ dalam bisnis retail yang dijalankan; serta mengetahui strategi keunggulan kompetitif masing-masing perusahaan. Katakunci : Waralaba ritel, , Porter’s Five Forces Analysis, strategi, kompetitif 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jumanage

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal MANAGE merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Misi dari Jurnal MANAGE adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan ...