Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5 No 1 (2022)

Penggunaan Permainan Edukatif “Memancing Magnet Baca” Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Andini Dwi Arumsari (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Dzulkifli Dzulkifli (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Salah satu materi pembelajaran yang diberikan di Taman kanak-kanak adalah pengenalan huruf, sebagai upaya mempersiapkan siswa dalam memasuki Sekolah Dasar. Selama masa pandemi, siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran, karena pembelajaran dilakukan melalui daring. Oleh karena itu, alat permainan edukatif yang dipakai merupakan hal yang penting dalam mendukung materi pembelajaran yang diberikan, misalnya Alat Permainan Edukatif Memancing Magnet Baca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam membaca siswa dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE) “Memancing Magnet Baca”. Metode pengambilan data menggunakan pre-experiment dengan melakukan observasi dan wawancara dalam pengambilan datanya. Analisi data dilakukan dengan uji t, hasilnya nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.000.Hasil dari penelitian ini adalah Alat permainan edukasi yang bernama “Memancing Magnet Baca” dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca di TK X Surabaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pbs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Dr. Soetomo dengan frekuensi terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ilmiah fonema berisi tulisan yang berasal ...