Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2021)

Keefektifan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Rahma, Rahma (Unknown)
Angriani, Andi Dian (Unknown)
Nur, Fitriani (Unknown)
Suharti, Suharti (Unknown)
Tahir, M. Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Abstract This study discusses the problem of the effectiveness of Problem Based Learning (PBL) on students’ mathematics learning outcomes to see the differences in learning outcomes of those who learn and without applying the model of Problem Based Learning (PBL). This research is a quasi-experiment, the nonequivalent pretest-posttest control group design. The population is all class VIII students at MTs Madani Alauddin with a sample of class VIIIA (so the experimental class) and also class VIIIB (so the control class). The instrument applied was an essay test which was then analyzed descriptively as well as inferential. The results of the descriptive posttest calculation showed that student learning outcomes with the PBL model were higher than those who did not apply PBL. Inferential statistical analysis shows that there is a fairly strict difference between learning and the PBL model and not. In this study, using the PBL model can help students develop their knowledge and understand mathematical problems related to everyday life.Keywords: Learning Outcomes, Learning Model, Problem Based Learning Abstrak Penelitian ini membahas terkait efektifnya model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa dengan maksud melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL dan siswa yang belajar tanpa menggunakan PBL. Penelitian ini termasuk dalam jenis quasi experiment, dengan desain penelitian berupa the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas VIII di MTs Madani Alauddin dengan sampel kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan ialah test bentuk essay yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan juga inferensial. Dari hasil perhitungan posttest secara deskriptif, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan mengaplikasikan model PBL lebih tinggi dari hasil belajar yang tidak mengaplikasikan PBL. Analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan yang cukup ketat antara pembelajaran dengan mengaplikasikan model PBL dan yang tidak mengaplikasikan PBL. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat membantu siswa mengembangkan pengetahuannya serta memahami masalah-masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

urnal SOULMATH berisi tulisan yang berasal dari hasil penelitian, kajian, atau karya ilmiah di bidang Pendidikan Matematika. Terbit dua kali setahun yaitu Maret dan Oktober. Artikel yang masuk akan direview oleh reviewer yang berkompeten di ...