Schema: Journal of Psychological Research
Volume 3 No.1 Mei 2017

ANALISIS ITEM SOAL UTS PEDOLOGI SEMESTER GANJIL 2015-2016

Ihsana Sabriani Borualogo (Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung)
Sulisworo Kusdiyati Kusdiyati (Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung)
Susandari Susandari Susandari (Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung)
Dwi Agustin Nuriani Sirodj (Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
19 May 2017

Abstract

Evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui ujian dengan menggunakan soal pilihan ganda. Untuk dapat mengetahui apakah soal-soal UTS Pedologi Semester Ganjil 2015-2016 memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, kemampuan tiap soal dalam membedakan siswa yang paham dan tidak paham materi, serta kemampuan pilihan jawaban soal dalam mengganggu pilihan jawaban soal lainnya, maka dilakukan analisis item. Data yang dianalisis adalah jawaban dari 102 mahasiswa yang mengikuti UTS mata kuliah Pedologi Semester Ganjil 2015-2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal UTS Pedologi 2015-2016 masih memiliki banyak kekurangan, sehingga perlu dilakukan revisi pada soal-soal ujian tersebut agar dapat benar-benar melakukan evaluasi belajar dengan baik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

schema

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Schema : Journal of Psychological Research publishes academic research articles on theoretical and applied studies and focuses on Psychology with the following scope : Broken Home, Organizational Culture, Celebrity Worship, Delinquency, Early Adulthood, Work Discipline, Social Support, Health ...