Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP)
Vol. 1 No. 5 (2021)

Pengembangan E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran marketing (Studi pada kelas x bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen)

Eva Cahyani Agustin (Universitas Negeri Malang)
Djoko Dwi Kusumajanto (Universitas Negeri Malang)
Handri Dian Wahyudi (Universitas Negeri Malang)
Rachmad Hidayat (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang diperlukan seorang guru lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun bahan ajar sesuai dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Salah satu diantara perkembangan teknologi didunia pendidikan adalah e-modul. Berdasarkan hasil observasi serta wawancara dengan guru mata pelajaran Marketing di SMKN 1 Turen, diperoleh informasi bahwa media pembelajaran yang dilakukan dikelas yaitu papan tulis, power point, LCD serta handout sebagai sumber belajar yang dibagikan setiap pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media e-modul berbantuan aplikasi Flip Builder. (2) Mengetahui kelayakan produk e-modul Marketing berbantuan Flip Builder. (3) Mengetahui respon siswa terhadap media e-modul Marketing berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran Marketing siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (R&D) Borg & Gall yaitu: Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba Produk, Revisi produk 1, Uji coba pemakaian, Revisi produk 2 dan Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 3 SMKN 1 Turen dengan jumlah siswa 35 orang. Hasil penelitian media e-modul berbantuan aplikasi Flip Builder yaitu: Hasil validasi ahli media sebesar 96% yang memperoleh kriteria sangat valid dan layak diuji cobakan di lapangan. Hasil validasi ahli materi 1 sebesar 76% dan ahli materi 2 sebesar 73% yang memperoleh kriteria cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi. Hasil validasi siswa uji terbatas sebesar 86,25% dengan kriteria sangat positif sedangkan uji coba lapangan didapatkan rata-rata 91,07% yang berarti kategori respon siswa sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan e-modul berbantuan Flip Builder sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran untuk pengembangan e-modul berbantuan aplikasi Flip Builder selanjutnya yaitu : (1) Materi yang disajikan dalam e-modul dapat di ubah sesuai perkembangan jaman, (2) Dapat merancang media pembelajaran dengan konten warna, gambar, animasi,serta tema yang lebih baik lagi. (3) E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder dapat dikembangkan pada mata pelajaran lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP) is a scientific journal in the business, economy, and education fields. This journal focuses on theoretical and empirical studies in the field of economy, business, and education. It welcomes research in the areas of economic development, economic ...