cover
Contact Name
Vira Setia Ningrum
Contact Email
publisher@um.ac.id
Phone
+6281805071077
Journal Mail Official
jebp.journal@um.ac.id
Editorial Address
Jl. Semarang 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP)
ISSN : -     EISSN : 27981193     DOI : https://doi.org/10.17977/um066
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP) is a scientific journal in the business, economy, and education fields. This journal focuses on theoretical and empirical studies in the field of economy, business, and education. It welcomes research in the areas of economic development, economic behavior, digital economy, economy education, economy system, finance and banking, small and medium enterprises, financial management, development of a company, finance of a company, business and economic learning, learning instruments, learning achievement, teaching and learning strategies, learning assessment, as well as learning media.
Articles 306 Documents
Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi perkantoran Az Zahra Nur Amalia Setyaningrum; Imam Bukhori
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.322 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p15-23

Abstract

Abstract A good and comfortable learning environment can help students to concentrate and increase learning creativity. Learning independency is needed so that students may be responsible and capable to develop learning abilities by themselves. This research is a descriptive-correlational quantitative study which aims to obtain an overview of the variables studied and find whether there is an influence between each variable. This study applied three models of classical assumption test: (1) normality test; (2) heteroscedasticity test; (3) multicollinearity test. The data analysis techniques of this study were: (1) descriptive statistic analysis; (2) multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) the learning environment of the students may be classified as good, the independence of the students was good, and most of the students had good learning outcomes; (2) there is a significant positive influence of the learning environment on the learning outcomes of the Office Technology;(3) there is a significant positive influence of learning independence on learning outcomes of the Office Technology; (4) there is a significant positive influence of the learning environment and learning independence on the learning outcomes of the Office Technology. Abstrak Lingkungan belajar yang baik dan nyaman dapat memudahkan peserta didik untuk berkonsentrasi dan meningkatkan kreativitas belajar. Kemandirian belajar peserta didik diperlukan agar peserta didik mempunyai tanggung jawab dan mampu mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif-korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara masing – masing variabel. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik, yaitu: (1) uji normalitas;(2) uji heteroskedastisitas;(3) uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) analisis statistik deskriptif; (2) analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar pada peserta didik dapat diklasifikasikan baik, kemandirian peserta didik baik, dan sebagian besar peserta didik memiliki hasil belajar yang baik; (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar; (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar; (4) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar.
Pengembangan media berbasis audio melalui podcast sporify untuk menunjang pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel Nihayatul Umniyyah; Rachmad Hidayat
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.686 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p34-39

Abstract

Abstrak Penelitian dilaksanakan karena adanya potensi dan masalah yang terjadi di lapangan. Tujuan dari penelitian ini meliputi (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di Spotify sebagai penunjang PJJ pada mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan podcast di Spotify; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast sebagai penunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Model penelitian pengembangan ini didasarkan pada prosedur penelitian yang diungkapkan oleh Sugiyono dan telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti dengan tahapan berikut, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi I oleh ahli, (5) revisi berdasarkan validasi ahli, (6) validasi II oleh ahli, (7) uji coba lapangan, (8) revisi produk dari uji coba lapangan, dan (9) produksi massal. Pengembangan media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 85,45% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media sebesar 98,46% dengan kategori sangat layak, validasi ahli bahasa sebesar 94,00% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji coba lapangan memperoleh skor 93,04% dengan kategori sangat layak. Penelitian dan pengembangan ini diterapkan pada peserta didik kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Malang. Efektivitas media pembelajaran berbasis audio menggunakan podcast di Spotify diukur dengan membandingkan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh adalah t hitung = 4,965 > t tabel = 1,671, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian pengembangan ini media layak dan efektif dalam menunjang pembelajaran jarak jauh
Pengaruh customer value terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction (studi pada pelanggan nomaden coffee malang) Rizkie Ramadhan Ariyanto; Ita Prihatining Wilujeng
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.533 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p40-48

Abstract

Abstrak Mengkonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu, seiring dengan itu kebiasaan minum kopi semakin meluas sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan kedai kopi, dan pertumbuhan tersebut tumbuh subur di kota Malang beberapa tahun ini. Setiap cafe memiliki identitas tersendiri yang berpengaruh terhadap penilaian dan persepsi pelanggan yang mengunjungi cafe tersebut, ketika harapan dari pelanggan dapat tercapai maka pelanggan akan merasakan puas dengan apa yang telah mereka dapatkan dan akan memunculkan penilaian tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer value terhadap customer loyalty melalu icustomer satisfaction pada Nomaden Coffee. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan Customer Value (X), dan variable Customer Loyalty (Y), sedangkan untuk variable perantarany aadalah Customer Satisfaction (Z). populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Nomaden Coffee. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 146 responden. Kemudian uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis jalur (Path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer value memiliki skor baik dengan rata-rata 3,82, loyalitas pelanggan memiliki skor baik dengan rata-rata 3,92, kepuasan pelanggan memiliki skor baik dengan rata-rata 4,16.
Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dengan aplikasi kas kecil (EPCA) berbasis website (A useful web-based learning media in the COVID-19 era) Yashinta Ula Qomarina; Madziatul Churiyah; Heri Pratikto
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.89 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p49-58

Abstract

Abstrak Adanya pandemi Covid 19 membuat guru dan siswa dituntut untuk dapat beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru, yakni pembelajaran jarak jauh. Selain itu guru juga dituntut untuk membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, sehingga dapat diakses siswa secara online. Penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan yang bernama EPCA (Educative Petty Cash Application) Berbasis Website untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Di dalam EPCA terdapat menu simulasi kas kecil dimana siswa dapat melakukan praktikum pencatatan kas kecil secara digital di dalamnya. Selain itu juga terdapat menu soal latihan yang di dalamnya terdapat soal-soal pilihan ganda untuk mengasah kemampuan kognitif siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development Sugiyono yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentasi dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini dan pengembangan ini adalah media pembelajaran kas kecil berbasis website bernama EPCA (Educative Petty Cash Application) yang masuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran otomatisasi tata kelola keuangan oleh ahli materi, ahli media, dan subjek uji coba kelompok kecil serta terbukti dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa secara signifikan pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi EPCA sebagai media pembelajaran kas kecil layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan.
Pengembangan E-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Ellysa Dini Aryanti; Mohammad Arief
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.843 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p24-33

Abstract

Abstract The Development of teaching material of E-Module in archival subject is needed because there are no modules intended for students so far. The development of this e-module is aimed at (1) Producing an electronic module (E-module) based on Digital Flipbook in Archival Subject (Basic Competency 3.7 Implementing alphabetical, chronological, geographical, number, and subject archive systems And Basic Competency 4.7 Carry out alphabetical, chronological, geographical, number, and subject archive systems) for class X OTKP’s students in SMK Negeri 1 Ngawi, (2) Knowing the feasibility of Digital Flipbook-based E-module in the subject of Archival based on expert validation and (3) Knowing the difference in learning outcomes of students in the experimental class using E-module with control class students who do not use E -module that has been made by researcher. This research uses Research and Development (R&D) with Borg & Gall research and development model, namely 1) Preliminary studies, 2) Initial data collection, 3) Initial product development, 4 ) Design Validation, 5) Design Revision, 6) Limited trials, 7) Initial product revisions, 8) field trials, 9) Final product revisions, 10) Final Products. The e-module validation is carried out by e-module experts, material experts and limited trials. E-module experts is 98%, material expert validation is 94.5%, the limited trial result is 89.6%. The combined validation average is 94.03% which shows that the e-module is very valid. Abstrak Pengembangan bahan ajar e-module kearsipan sangat dibutuhkan karena belum adanya modul yang diperuntukkan untuk siswa. Pengembangan e-module ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul elektronik (E-module) berbasis Digital Flipbook pada Mata Pelajaran Kearsipan (KD 3.7 Menerapkan penyimpanan arsip sistem abjad, kronologis, geografi, nomor, dan subjek dan KD 4.7 Melakukan penyimpanan arsip sistem abjad, kronologis, geografi, nomor, dan subjek) untuk siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Ngawi, (2) Mengetahui kelayakan E-module berbasis Digital Flipbook pada Mata Pelajaran Kearsipan berdasarkan validasi para ahli dan (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan Model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yaitu 1) Studi pendahuluan, 2) Pengumpulan data awal, 3) Pengembangan produk awal, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba terbatas, 7) Revisi produk awal, 8) uji coba lapangan, 9) Revisi produk akhir, 10) Produk Akhir. Validasi e-module dilakukan oleh ahli e-module, ahli materi dan uji coba terbatas. Ahli e-module sebesar 98%, ahli materi sebesar 94,5%, dan uji coba terbatas sebesar 89,6%. Rata-rata gabungan validasi yaitu sebesar 94,03% yang menunjukkan e-module sangat valid
Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention smartphone android merk Samsung melalui brand image (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) Indraka Maulana; Handri Dian Wahyudi
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.137 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p1-14

Abstract

Abstract The purpose of this study is to study the indirect effect electronically by word of mouth on purchase intentions through brand image. This type of research is a type of quantitative research with descriptive and explanatory research types. The population in this study were students of the Faculty of Economics, State University of Malang. Samples obtained in this study were 375 respondents. The sampling technique in this study uses proportional random sampling. While the data analysis technique used is Path Analysis. Path analysis test results show that: There is an indirect and positive and significant effect of electronic word of mouth on purchase intention through brand image partially. Abstrak Tujuan dalam penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui Pengaruh tidak langsung electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 375 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image secara parsial.
Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan E-modul berbasis 3D pageflip professional dengan model discovery learning (A useful learning E-modul based 3D pageflip professional with use discovery learning model) Nadhiifa Eka Asmarani; Mohammad Arief; Madziatul Churiyah
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.776 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p59-70

Abstract

Abstrak Pandemi covid-19 yang sedang melanda berbagai negara termasuk Indonesia telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya yaitu pendidikan, dampak dari adanya covid-19, saat ini pembelajaran dilakukan secara daring (online) dan tatap muka secara bergiliran. Sehingga guru dituntut untuk kreatif mengoptimalkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul berbasis 3D PageFlip Professional dengan Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk e-modul ini berisi pembahasan materi dan soal-soal serta dilengkapi menu Mari Mengamati hingga Mari Menyimpulkan. E-modul ini bisa diakses offline melalui Personal Computer/Laptop dengan Aplikasi 3D PageFlip Professional atau secara online melalui HP Android. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah E-modul berbasis 3D PageFlip Professional dengan Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kompetensi Dasar Bentuk Struktur Organisasi dan Fungsi Manajemen yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran kearsipan oleh ahli media, ahli materi, dan 6 peserta didik uji coba kelompok kecil serta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan pada uji coba kelompok besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul Administrasi Umum layak dan efektif digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran administrasi umum.
Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan menggunakan M-Learning berbasis android di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang (Learning media used for online learning during the Covid-19 pandemic) Nanik Khurotul Aini; Heny Kusdiyanti; Madziatul Churiyah
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.361 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p71-77

Abstract

Abstrak Dalam masa pandemi covid-19 seperti saat ini dibutuhkan media yang membuat peserta didik tidak bosan pada saat melaksanakan pembelajaran daring. Media M-Learning berbasis android dapat dijadikan sebagai alternatif pada proses kegiatan belajar mengajar secara daring di masa pandemi seperti saat ini. Media pembelajaran M-Learning juga dapat digunakan untuk menunjang pada saat kegiatan pembelajaran di kelas karena dapat diakses melalui smartphone peserta didik masing-masing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media M-Learning berbasis android pada materi Menerapkan prosedur pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar kelas X. Produk media pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan beberapa menu dan gambar serta video yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemandirian belajar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah M-Learning berbasis android pada mata pelajaran Administrasi Umum yang diberi nama Caraku yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Administrasi Umum oleh ahli media, ahli materi, dan 6 peserta didik uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan kemandirian belajar secara signifIkan pada uji coba kelompok besar dimana hasil rata-rata data kemandirian belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa CARAKU layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Administrasi Umum di kelas X.
Eksistensi koperasi wanita dalam pencegahan feminisasi kemiskinan Cenny Julitasari Timur; Inayati Nuraini Dwiputri
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.274 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p78-84

Abstract

Abstrak Koperasi wanita merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan wanita melalui sektor ekonomi untuk mencegah feminisasi kemiskinan yang berperan penting dan sentral dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga. Sebagai soko guru perekonomian yang berasaskan kekeluargaan, koperasi perlu mengadakan evaluasi dan stimulus untuk meningkatkan perkembangannya khususnya dalam tujuannya yaitu menurunkan ketimpangan antar gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran koperasi wanita di Kabupaten Malang. Hal ini dilatarbelakangi bahwa koperasi wanita memiliki jumlah yang terbanyak di Kabupaten Malang dibandingkan jenis koperasi lainnya. Metode pada penelitian ini menggunakan analisis statistika deskriptif dengan menggunakan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sejumlah 398 koperasi wanita di Kabupaten Malang memiliki rerata jumlah Sisa Hasil Usaha (SHU) yang cukup besar yaitu sebesar Rp.22.903.000, dengan total jumlah anggota sebanyak 37.301 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koperasi wanita memiliki peran penting terhadap perkembangan koperasi yang ada di Kabupaten Malang dengan jumlah koperasi terbanyak dibandingkan dengan jenis koperasi lainnya serta berperan pula terhadap perekonomian khususnya dalam pendapatan wanita yang berasal dari pembagian SHU.
Gaya hidup konsumtif dan pencitraan diri mahasiswa pengguna Instagram (Studi kasus pada mahasiswa kelas menengah di Kabupaten Jember) Adillia Risky Cahyaningtyas; Muhammad Iqbal
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP) Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.863 KB) | DOI: 10.17977/um066v1i12021p85-96

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan fenomena gaya hidup pencitraan di media sosial instagram berdasarkan studi kasus pada mahasiswa kelas menengah yang ada di kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu mahasiswa kelas menengah. Informan pada penelitian ini yaitu mahasiswa kelas menengah yang tersebar di beberapa kampus yang ada di kabupaten Jember dan aktif sebagai selebgram atau endorsement produk pada media sosial instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kelas menengah di kabupaten Jember mencitrakan diri melalui empat hal antara lain pemilihan fashion dengan tujuan untuk menirukan tokoh yang dijadikan sebagai role model, kemudian aktivitas foodstagramming (makan cantik) dan juga kongkow di restoran atau cafe bergengsi untuk menunjukkan bahwa mereka adalah mahasiswa yang memiliki selera tinggi dalam mengonsumsi makanan, selanjutnya melalui gaya hidup kaum milenial dalam perspektif cybermedia yang ditandai dengan berbagai macam pencitraan dalam bentuk unggahan foto maupun video di media sosial instagram, terakhir yaitu budaya konsumtif bagi kaum milenial yang menerangkan bahwa mayoritas mahasiswa yang melakukan pencitraan yaitu mereka yang berasal dari kelas sosial menengah dengan jatah uang saku lebih dari cukup setiap bulannya, sehingga mereka cenderung berperilaku konsumtif.

Page 1 of 31 | Total Record : 306