Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP)
Vol. 1 No. 6 (2021)

Pengembangan E-modul berdasarkan aplikasi Pdf Flipbook untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan belajar mandiri peserta didik (E-module based on the corporate Pdf Flipbook application which is useful in the Covid-19 era)

Sania Nanda Safitri (Universitas Negeri Malang)
Madziatul Churiyah (Universitas Negeri Malang)
Mohammad Arief (Universitas Negeri Malang)
Fadia Zen (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Perkembangan pendidikan era globalisasi ditandai dengan berbagai macam produk teknologi informasi seperti modul cetak menjadi E-Modul. Dimasa pandemi virus Covid-19 pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka langsung, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran diubah secara daring dalam rangka menghindari penyebaran Covid-19. Bahan ajar yang semula modul cetak mengalami perkembangan menjadi E-Modul, dimana pembelajaran dilakukan secara Online yang lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yakni peserta didik mengikuti proses pembelajaran melalui pembelajaran daring di rumah masing-masing. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook PDF Corporate yang dapat dioperasikan menggunakan Laptop/PC atau Smartphone di perangkat pendidik dan peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan (Research and Development / R&D) dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data terdiri dari 2 jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angket dan data kualitatif berupa wawancara, kritik dan saran. Teknik analisis data hasil belajar psikomotorik menggunakan SPSS versi 24, yaitu uji Independent Sample T-tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek psikomotorik pada keterampilan menulis surat peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook PDF Corporate yang dapat dioperasikan menggunakan Laptop/PC atau Smartphone di perangkat pendidik dan peserta didik pada mata pelajaran Korespondensi yang telah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Korespondensi oleh ahli materi, ahli E-Modul, dan 6 siswa uji coba kelompok kecil serta terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dan kemandirian belajar secara signifikan pada uji coba kelompok besar. Sehingga dapat disimpulkan E-Modul berbasis Aplikasi Flipbook PDF Corporate layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan kemandirian pada mata pelajaran Korespondensi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP) is a scientific journal in the business, economy, and education fields. This journal focuses on theoretical and empirical studies in the field of economy, business, and education. It welcomes research in the areas of economic development, economic ...