Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023

Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 67/IX Sekernan Muaro Jambi

Dewi, Nirmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Salah satu aspek penting dalam pembelajaran adalah peningkatan kualitas pembelajaran. Berdasarkan observasi peneliti, ditemukan permasalahan pada siswa kelas V SDN 67/IX Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Permasalahan ini berkaitan dengan kurangnya keterampilan berpikir siswa serta kurang variasinya metode dan media yang digunakan oleh guru. Kondisi ini menyebabkan siswa tidak aktif pada materi yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penerapan metode inkuiri dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 67/IX Sekernan Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penleitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam satu pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata keterampilan guru 3,11 dengan persentase 77.7% (baik), siklus II meningkat menjadi 3,22 dengan persentase 80.5% (baik) dan pada siklus III meningkat menjadi 3,5 dengan persentase 88.8% (sangat baik). Siklus I rata-rata aktivitas siswa 18.1 dengan persentase 43,5% (cukup), siklus II meningkat menjadi 28 dengan persentase 68,5% (baik), dan rata siklus III meningkat menjadi 31,2 dengan persentase 85.9% (sangat baik). Berdasarkan nilai hasil belajar pada siklus I, nilai rata-rata siswa 61,07 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60,7%. Siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 75.09 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. Siklus III nilai rata-rata siswa naik menjadi 86,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 90%. Disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 67/IX Sekernan Muaro Jambi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...