AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
Vol. 2 No. 1 (2023)

Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Mutamimah Mutamimah (TK Negeri Pembina Limpung)
Joko Siswanto (Universitas PGRI Semarang)
Iin Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini menjadi jenjang pendidikan yang paling dasar yang diharapkan menjadi pondasi kuat untuk memaksimalkan kemampuan anak sehingga mampu untuk hidup mandiri serta bermanfaat bagi lingkungannya. Program pembinaan haruslah dirancang, direncanakan, untuk diterapkan dengan teliti sesuai dengan karakteristik anak. Pembelajaran pada anak usia dini diselenggarakan secara interaktif, menyenangkan dan memotivasi anak untuk berpartisipasi aktif. Kurikulum 2013 mencakup pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat autentik. Pendekatan ilmiah (saintifik) yaitu pembelajaran yang berbasis fakta/fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika berfikir, menginspirasi siswa untuk berfikir kritis, analisis dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah. Karena hal itulah peneliti tertarik untuk meneliti kefektivan pendekatan saintifik dengan berbantu lingkungan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia di TK Pembina Limpung. Data yang diperoleh dari 30 anak dimana dibagi dalam kelompok control dan kelompok eksperimen. Dari kemudian dianalisa dengan menggunakan SPSS Versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pendekatan saintifik berbantu lingkungan alam cukup efektif untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Pembina Kecamatan Limpung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

audiensi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak is a scientific publication forum that focuses on accommodating children education and learning issues such as curriculum, learning strategies, media and playing tools in learning, teacher professionalism in children education, educational management ...