Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Soal – Soal Tipe HOTS Tingkat SMP untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Inge Putri R Lisya (Universitas Malikussaleh)
Mutia Fonna (Universitas Malikussaleh)
Yeni Listiana (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2022

Abstract

Kemampuan penalaran matematika siswa adalah kemampuan seseorang berpikir logis dengan menggunakan logika untuk menghasilkan suatu kesimpulan. Kemampuan penalaran dapat dikatakan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari matematika. Siswa dapat dikatakan mampu menggunakan penalaran matematisnya dengan baik, apabila siswa tersebut mampu menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, serta dapat menjelaskan gagasan dari pernyataan matematika. Siswa dapat mendukung kemampuan penalaran matematisnya dengan menyelesaikan soal dengan kategori tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) adalah soal yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi seseorang dan juga melibatkan proses bernalar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat ditunjukkan ketika seseorang menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya ke dalam konteks yang baru atau cara yang lebih kompleks, seperti mentranfer apa yang pernah dipelajari sebelumnya ke konteks yang baru tersebut. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui hasil analisis soal-soal tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang dapat mendukung kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kualitatif dan untuk jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif jenis analisis isi atau dokemen. Hasil analisis dari 40 soal Ujian Madrasah (UM) ditemukan 9 soal yang termasuk ke dalam kategori soal dengan tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal-soal yang termasuk ke dalam kategori tipe HOTS tersebut juga merupakan soal yang dapat mendukung kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...