Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia

Nur Azmi (IAIN Lhokseumawe)
Rosdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Meurah Mulia dan pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Intrumen dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan wawancara. Pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan diperoleh = 4,2 dan = 1,6794 menunjukkan , sehingga tolak dan terima yang membuktikan bahwa ”Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...