Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Meurah Mulia dan pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Intrumen dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan wawancara. Pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan diperoleh = 4,2 dan = 1,6794 menunjukkan , sehingga tolak dan terima yang membuktikan bahwa ”Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022