Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp Negeri 1 Syamtalira Bayu

Rauzatul Narita (IAIN Lhokseumawe)
Abdul Kadir (Unknown)
Nur Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-6 SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Pengambilan sampel dilakukan secara simple rendom sampling, sehingga terpilih kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperiment Design, desain penelitian yang digunakan yaitu desain Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji-t. Berdasarkan uji kesamaan satu pihak, pihak kanan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 40 diperoleh thitung = 2,238 dan ttabel = 1,684. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0 , yaitu thitung > ttabel dan diperoleh hasil 2,238 > 1,684; dengan demikian ada peningkatan sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pemahaman konsep siswa SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu pada materi geometri dengan penerapan etnomatematika kerajinan Aceh lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...