Hospitaliti
Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Hospitaliti

ANALISIS KINERJA BARTENDER DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI PARIBAR HOTEL SANTIKA MANADO

Herry A. Karel Lengkey (Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado)
Agus Walansendouw (Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado)
Merry Adrah (Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode analisis lapangan dan kepustakaan. Sedangkan Metode Pengumpulan Sample diambil secara Simple Random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dimana variabel kinerja Bartender (X) dan Variabel (Y) peningkatan kepuasan tamu dengan persamaan Y = a + bX. Hasil Penelitian setelah dilakukan perhitungan, analisa regresi diperoleh persamaan Y = 2,42 + 0,8X menunjukkan bahwa setiap pertambahan satu unit variabel (X) kinerja Bartender akan menyebabkan perubahan pertambahan variable (Y) meningkatnya kepuasan tamu sebesar 0,8 demikian juga sebaliknya. Dari hasil analisa uji hipotesa menggunakan parameter β F hitung 302.5451 > Ftabel 4,04 berarti ada hubungan linear antara kinerja Bartender dengan meningkatnya kepuasan tamu. Koefisien korelsi r = 0,9 menunjukkan bahwa Variabel X dan variable Y adalah positif, karena mendekati 1 maka dapat dikatakan terdapat hubungan yang kuat. Koefisien determinan r2 = 0,86 atau 86%. Ini menunjukkan variasi variabel meningkatnya kepuasan tamu yang disebabkan oleh kinerja Bartender adalah sebesar 86% sebaliknya 14% variasi variabel meningkatnya kepuasan tamu disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diamati.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jh

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Hospitaliti adalah jurnal yang memuat hasil-hasil studi tentang perhotelan baik teori maupun praktek ataupun konsep perencanaan, pengelolaan dan pengembangan industrri perhotelan termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan oprasional industry perhotelan misalnya sistem informasi kantor ...