Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen dan Strategi
Vol 2 No 1 (2022)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 08 MEDAN

Siregar, Ayu Rahmawati (Unknown)
Linri (Unknown)
Miranda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas belajar mengajar masa pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah 08 Medan Penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Menajemen pembelajaran sangat penting kedudukannya dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti yang kita alami saat ini. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Berbagai hambatan, kesulitan, dan keterbatasan dihadapi dalam proses belajar mengajar, mulai dari faktor guru, siswa, keluarga serta sarana dan prasarana yang kurang representatif, namun kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) tetap menginstruksikan seluruh guru di semua jenjang pendidikan agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan saat pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, peran guru sangat dibutuhkan dalam mengelola pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ikamas

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS) merupakan layanan Jurnal yang mengulas artikel dan pembahasan mengenai Manajemen Pendidikan Islam. Lingkup yang terdapat di dalamnya berupa kepemimpinan, Kepemimpinan, Manajemen Humas, Perilaku Organisasi, ...