PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 5 No 1 (2021): Pebruari, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS III TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Hairullah (Unknown)
Nyoman Dantes (Universitas Pendidikan Ganesha)
Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Peneletian yang dilakukan adalah penelitian analisis dokumen (Documentary Analysis). Dokumen yang di maksud adalah buku guru dan buku siswa tema perkembangan teknologi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keintegrasian pada materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, rancangan media dan sumber belajar Sekolah Dasar Kelas III tema Perkembangan Teknologi Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) Terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan tingkat keintegrasian 98,7% kategori sangat baik dengan klasifikasi multidisipliner. 2) Terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan tingkat keintegrasian 79,3% kategori sedang dengan klasifikasi intradisipliner. 3) Terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan tingkat keintegrasian 71% kategori sedang dengan klasifikasi intradisipliner. 4) Terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan tingkat keintegrasian 91% kategori sangat baik dengan klasifikasi intradisipliner.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...