PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 5 No 1 (2021): Pebruari, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG

Ni Ketut Purniwantini (Unknown)
Ida Bagus Putu Arnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Suastra (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah rancangan non-equivalent posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini 186 siswa kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Dari 186 populasi siswa, 64 siswa ditetapkan sebagai sampel. Data aktivitas, dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik 3) Terdapat perbedaan secara simultan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus XIII Kecamatan Buleleng

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...