PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 5 No 2 (2021): Agustus, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK DENGAN MENGINSERSI NILAI-NILAI UTAMA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT UNTUK SISWA KELAS 2 SD

Ni Putu Sri Pratiwi (Unknown)
Ida Bagus Putu Arnyana (Unknown)
Sariyasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas buku cerita anak dengan menginsersi nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam tema hidup bersih dan sehat untuk siswa kelas 2 SD; 2) kepraktisan buku cerita anak dengan menginsersi nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam tema hidup bersih dan sehat untuk siswa kelas 2 SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4D (Define, Design, Develope, dan Disseminate). Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan kepraktisan buku cerita. Data validitas diukur dengan uji validitas melibatkan 3 ahli dan 1 praktisi. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Data kepraktisan diukur berdasarkan respon guru dan siswa yang diperoleh dari responden yaitu 1 orang guru dan 25 siswa kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji validitas ahli dan praktisi, diperoleh rata-rata sebesar 4.54 yang berada pada kategori sangat valid. 2) berdasarkan hasil analisis respon guru diperoleh rata-rata sebesar 4.63 yang berada pada kategori sangat praktis. 3) berdasarkan hasil analisis respon siswa diperoleh persentase 92% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan buku cerita anak yang valid dan praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...