PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 6 No 1 (2022): Pebruari, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

N.L.I. Noviani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.M. Candiasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.G. Margunayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berorientasi pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. LKPD yang dihasilkan sudah diuji validitas isinya oleh ahli yang hasilnya dianalisis dengan formula Gregory dan diperoleh koefisien validitas isi sebesar 1,0 dalam kategori valid. LKPD yang dihasilkan dinilai oleh 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli desain, dan 2 ahli media menggunakan LORI (Learning Object Review Instrument). Hasil kelayakan materi ahli pertama 97% dalam kategori sangat layak dan ahli kedua 99% dalam kategori sangat layak, kelayakan media ahli pertama 97,14% dalam kategori sangat layak dan ahli kedua 100% dalam kategori sangat layak, dan kelayakan desain ahli pertama 100% dalam kategori sangat layak dan ahli kedua 100% dalam kategori sangat layak. LKPD digital sudah diujicoba pada 2 sekolah, yaitu di SD No. 1 Seminyak dan SD No. 3 Legian melalui daring. Pada tahap uji coba dilakukan uji efektivitas dan efisiensi. Hasil yang diperoleh adalah 100% siswa tuntas, sehingga media dinyatakan efektif. Sementara itu, uji efisiensi mendapatkan skor 4,89 berada pada kriteria sangat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...