PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 6 No 1 (2022): Pebruari, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATEMATIKA KELAS V SD

N. Komalasari (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.G. Margunayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
D.G.H. Divayana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) digital berbasis Problem Based Learning ( PBL) pada materi Matematika Kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Pengembangan digital berbasis PBL dikembangakan karena kondisi Pandemi Covid 19 dimana pembelajaran dilakukan secara online. Subjek penelitian ini adalah LKPD Digital berbasis PBL ,sedangkan objek penelitian adalah Validitas dan kepraktisan LKPD digital berbasis PBL.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner di beberapa sekolah yang berada di Gugus RA Kartini Kecamatan Denpasar Barat. Adapun produk hasil pengembangan divalidasi oleh tiga pakar yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran. Hasil validasi dianalisis dengan formula Gregory dan diperoleh koefisien validitas isi sebesar 1,0 dalam kategori valid. Hasil pengembangan LKPD menunjukan validitas dari segi materi 3,76, validitas dari segi media 3,0 dan validitas segi desain pembelajaran 3,8. Rata-rata skor validitas LKPD secara keseluruhan yaitu 3,52 . Hasil respon guru diperoleh skor 3,54 dan respon siswa diperoleh yaitu skor 3,51. Hal ini menunjukkan LKPD digital berbasis PBL memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...