JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Kemandirian Belajar pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Penerapan Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas)

Fernando Saragih (Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia)
Christina Natalina Saragi (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Lastri Wahyuni Manurung (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Kesiapan diri merupakan gambaran realistis dari karakter siswa, dimana persiapan diri yang berkelanjutan mendorong seseorang untuk terbiasa memecahkan masalah secara mandiri. Oleh karena itu, peneliti ingin menganalisis dampak kesiapan belajar terhadap kemandirian akademik di masa pandemi covid 19 khususnya pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto (analisis regresi berganda dengan SPSS 20). Selanjutnya dalam penelitian ini, dua variabel yang diwakili oleh 15 pernyataan (5 pilihan) dibagikan kepada 60 siswa. Berdasarkan hasil data disimpulkan bahwa angket layak digunakan (memenuhi syarat uji instrumental) dan penelitian dapat dilanjutkan sebagaimana mestinya (memenuhi asumsi). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan kemandirian belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...