JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Aplikasi Terapi Emotional Freedom Technique (EFT) Untuk Penurunan Nafsu Makan Pada Penderita Overweight

Larasita Larasita (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi)
Nelyahardi Nelyahardi (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pengalaman pribadi peneliti yang menggunakan metode terapi Emotional Freedom Technique ntuk menurunkan nafsu makan, dalam hal ini, peneliti menggunakan pengaplikasian terapi EFT untuk menurunkan nafsu makan pada penderita overweight. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Efektifitas Terapi Emotional Freedom Technique (EFT) dalam penurunan nafsu makan penderita Overweight. Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental design dengan pendekatan pre-post test with control design. Teknik pengambilan sampel mengunakan Purposive Sampling sehingga didapatkan sampel penelitian ini adalah penderita overweight yang ingin menurunkan berat badan melalui penurunan nafsu makan, berjumlah 10 orang wanita. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Test dengan hasil menunjukkan bahwa terapi Emotional Freedom Technique (EFT) Efektif dalam penurunan nafsu makan penderita overweight. Hal ini dapat dilihat dari uji beda pre test dan post test kelompok eksperimen dengan menggunakan uji wilcoxon signed ranks test di dapatkan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001 karena nilai asymp. Sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada penurunan nafsu makan penderita overweight saat pre test dan post test kelompok eksperimen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...