JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan

Beta Salsabilla (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Febria Indah Lestari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Maya Erlita (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Ranisha Dian Insani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Rani Santika (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Restika Amalia Ningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Triska Triska (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Dea Mustika (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tipe dan gaya kepemimpinan sangat berkaitan dengan norma perilaku pada diri seseorang saat mempengaruhi mempengaruhi perilaku orang lain. Tipe dan gaya kepemimpinan memiliki berbagai macam variannya, sehingga diperlukan ada kajian teoritis yang membahas tentang tipe dan gaya kepemimpinan Penelitian ini merupakan kajian literatur pustaka dari beberapa referensi utama. Berdasarkan kajian yang dilakukan maka ditarik kesimpulan yaitu tipe kepemimpinan meliputi tipe otoritas (autocrat); tipe peternalistik; tipe kharismatik; tipe kepemimpinan demokratis; dan tipe militeristis. Sedangkan, gaya kepemimpinan meliputi gaya kepemimpinan demokratis; gaya kepemimpinan delegatif; gaya kepemimpinan birokratis; gaya kepemimpinan laissez faire; gaya kepemimpinan otoriter/ authoritarian; gaya kepemimpinan karismatik; gaya kepemimpinan diplomatis; gaya kepemiminan moralis; gaya kepemimpinan administratif; gaya kepemimpinan analitis (analytical); gaya kepemimpinan entrepreneur; gaya kepemimpinan visioner; gaya kepemimpinan situasional; dan kepemimpinan militeristik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...