Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia

Pentingnya kekuatan merespon pelanggan dan kapabilitas membangun kolaborasi di dalam peningkatan kinerja pemasaran UKM: Pendekatan SMEs agility

Elia Ardyan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Tony Antonio (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Winarto Poernomo (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Cipta Canggih Perdana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Aditya M. Kouwagam Kouwagam (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh kelincahan (agility) UKM (kemampuan penginderaan pelanggan dan daya tanggap pelanggan) dan kemampuan berkolaborasi dalam jaringan terhadap kinerja pemasaran UKM. Responden di dalam penelitian ini adalah 229 pemilik UKM Mebel di Jepara, Solo, Sragen, klaten, dan Sukoharjo. Analisis yang digunakan adalah covariance based structural equation modeling (CB-SEM) dan pengolahan data menggunakan Amos versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan merespon pelanggan dan kapabilitas membangun kolaborasi mampu meningkatkan kinerja pemasaran UKM secara signifikan. Sedangkan kapabilitas penginderaan pasar lebih berfungsi untuk meningkatkan kekuatan merepon pelanggan. Kapabilitas pengindearaan pasar memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja pemasaran UKM. Penelitian ini juga memberikan kontribusi baik untuk teori ataupun manajerial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...