Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia

Customer Engagement Usaha Kuliner; Kontribusi Marketing Content dan Efek Viral Marketing Campaigns

Erwin Erwin (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Yuyun Karystin Meilisa Suade (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Cindy Yoel Tanesia (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Salmah Sharon (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)
Maichal Maichal (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Usaha mikro yang bergerak di bidang kuliner saat ini telah banyak bermunculan, eksistensinya seiring dengan tren perkembangan digitalisasi termasuk dalam promosi maupun proses penjualan produk. Media sosial menjadi saluran yang banyak diminati khususnya pelaku usaha kuliner dalam mengembangkan usahanya. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu menganalisis kontribusi marketing content dan efek penggunaan viral marketing campaigns dalam meningkatkan customer engagement usaha kuliner. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 156 pelaku usaha mikro yang bergerak di bidang kuliner dan saat ini memperhatikan marketing content dalam memasarkan produknya dan memanfaatkan viral marketing campaigns dalam media sosial mereka. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbasis skala Likert dengan 5 skala. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square–Structural Equation Model (PLS-SEM) dan proses data menggunakan WarpPLS Versi 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan marketing content dan viral marketing campaigns terhadap customer egagement usaha kuliner, namun viral marketing campaigns tidak dapat berkontribusi pada marketing content yang digunakan oleh usaha kuliner untuk meningkatkan customer engagement.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...