Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 2 No. 2 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SD NEGERI KARANGTALUN 2

Siti Maryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2023

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana proses pelaksanaan workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran pada guru SD Negeri Karangtalun 2?; 2) seberapa banyak peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran setelah mengikuti workshop pada guru SD Negeri Karangtalun 2?; 3) bagaimana perubahan perilaku yang menyertai peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran setelah mengikuti workshop pada guru SD Negeri Karangtalun 2? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendiskripsi proses pelaksanaan workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran pada guru SD Negeri Karangtalun 2; 2) mendiskripsi seberapa banyak peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran setelah mengikuti workshop pada guru SD Negeri Karangtalun 2; 3) mendiskripsi perubahan perilaku yang menyertai peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran setelah mengikuti workshop pada guru SD Negeri Karangtalun 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran. Pada kondisi awal rata-rata prosentase skor sebesar 60% dan pada siklus I menjadi sebesar 73%. terjadi peningkatan skor sebesar 13% Pada siklus II secara umum semua guru mengalami peningkatan sebesar 17%. Rata-rata presentase skor pada siklus II meningkat drastis menjadi 90 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...