Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 12 No 2 (2023)

Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Materi Virus untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

Putri Amalia Salsabila (Universitas Negeri Surabaya)
Guntur Trimulyono (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 May 2023

Abstract

Abad 21 menuntut siswa untuk dapat mempunyai keterampilan dalam berpikir, keterampilan dalam berperan, serta keterampilan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satu keterampilan yang harus dipunyai oleh siswa yaitu keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi (Higher order thinking skills). Higher Order Thinking Skills merupakan suatu proses berpikir dalam level kognitif yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, reliabilitas, tingkat kemampuan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terkait dengan instrumen penilaian HOTS materi virus. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate) tanpa tahap Disseminate. Validasi instrumen penilaian HOTS dilakukan baik secara teoritis maupun empiris. Validasi teoritis dilaksanakan oleh dosen ahli pendidikan, dosen ahli materi dan guru biologi. Hasil validitas teoritis diperoleh nilai sebesar 95,61% dengan kategori sangat valid. Validasi empiris dilaksanakan dengan melakukan uji coba terbatas terhadap 24 siswa. Hasil validitas empiris dari 15 butir soal HOTS 10 soal dinyatakan valid dengan nilai R hitung > 0.404. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,732 dengan kategori reliabel. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa mendapatkan rata-rata nilai sebesar 55,31% dengan kategori cukup kritis. Respon siswa terhadap instrumen penilaian mendapatkan rata-rata nilai sebesar 85,60% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk instrumen penilaian HOTS pada materi virus telah dinyatakan valid, reliabel, dan dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa serta merupakan kategori soal sangat baik berdasarkan respon siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah agar instrumen penilaian ini dapat membantu dalam melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...