EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Evaluasi Program Pelatihan Kepemimpinan Administrator Model CIPP Dalam Konteks Penerapan Corporate University

Muhammad Arif Rahman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)
Nurul Anriani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Corporate university (CorpU) merupakan salah satu bentuk transformasi human capital management dalam mengembangkan kompetensi pegawai dalam suatu organisasi. CorpU dianggap sebagai katalisator dalam memproduksi karyawan yang kompeten. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program pelatihan kepemimpinan administrator model CIPP dalam konteks penerapan corporate university. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian evaluatif, Penelitian ini menggunakan desain evaluatif untuk mengetahui hasil evaluasi program pendidikan dan pelatihan menggunakan model evaluasi CIPP di BPSDMD Provinsi Banten. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi merupakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pelatihan kepemimpinan administrator sudah berjalan dengan baik. Seluruh pegawai BPSDMD Provinsi Banten harus fokus dalam peningkatan kompetensi internal dengan cara membangun budaya belajar organisasi, memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki peserta pelatihan kepemimpinan administrator sudah sangat baik. pelatihan kepemimpinan administrator angkatan III lulus dengan kualifikasi sangat memuaskan. Keberhasilan penyelengaraan pelatihan tidak terlepas kerjasama yang sangat baik antara BPSDMD Provinsi Banten dengan BKPSDM Kabupaten/Kota di Provinsi Banten selaku instansi pengirim

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...