Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation
Vol 6, No 1 (2023): Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation (April)

Komunikasi Pelaku Wisata Pada Proses Penceritaan Destinasi Wisata Kota Lama Semarang

Mukaromah, Mukaromah (Unknown)
Umaroh, Liya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

AbstractThis research is motivated by the power of stories related to tourist destinations as a branding effort carried out by tourism actors such as tour guides, travel content writers, traders in carrying out destination storytelling activities to visitors. The location of this research is in Kota Lama Semarang. The aim of the research is to find out the type of communication used in the storytelling carried out by tourist actors in telling tourist stories related to tourist destinations in Kota Lama Semarang. The method used is a qualitative method by observing and interviewing several tour guides, antique dealers who are also local guides. The result is that tourism actors in Kota Lama Semarang use a persuasive communication type approach to visitors both verbally and non-verbally and in accordance with professional standards regarding tour guides taught by relevant agencies to the public to visitors. Persuasive communication that is carried out when communicating with visitors is carried out through four stages of the successful concept of persuasion communication, namely the principle of selective exposure, the principle of audience participation, the principle of inoculation and the principle of bringing about greater change.AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kekuatan cerita terkait destinasi wisata sebagai upaya branding yang dilakukan oleh para pelaku wisata seperti pemandu wisata, penulis konten wisata, pedagang dalam melakukan kegiatan penceritaan destinasi  kepada pengunjung. Lokasi penelitian ini ada di kawasan kota lama Semarang dengan tujuan penelitian untuk mengetahui jenis komunikasi yang digunakan dalam penceritaan yang dilakukan oleh pelaku wisata dalam menuturkan cerita wisata terkait destinasi wisata kota lama Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara kepada beberapa pemandu wisata, pedagang barang antikan yang juga sebagai pemandu lokal. Hasilnya adalah pelaku wisata mengunakan pendekatan jenis komunikasi persuasif kepada pengunjung baik secara verbal maupun non-verbal dan sesuai dengan standar profesi terkait pemandu wisata diajarkan oleh instansi terkait kepada masyarakat ke pengunjung. Komunikasi persuasi yang dilakukan saat berkomunikasi dengan pengunjung dilakukan melalui empat tahapan konsep keberhasilan komunikasi persuasi yaitu prinsip pemaparan selektif, prinsip partisipasi audiens, prinsip inokulasi dan prinsip membawa perubahan yang lebih besar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jithor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Health Professions Social Sciences Other

Description

Journal of Indonesian Tourism, Hospitality, and Recreation (Jurnal Pariwisata, Perhotelan dan Rekreasi Indonesia) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan dua keluaran (issues) dalam setahun pada bulan April dan Oktober. Redaksi juga turut mengundang para peneliti dan praktisi untuk dapat ...