Penelitian dilakukan guna mengetahui penerapan dan pengaruh modifikasi permainan tradisional jala ikan dalam meningkatkan teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas IV SDN 2 Suruhkalang dan Manfaat penelitian: 1. Meningkatkan teknik dasar passing sepak bola, 2. Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru Pendidikan Jasmani, 3. Meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang terdapat 4 tahap, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan modifikasi permainan tradisional jala ikan meningkatkan teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas IV SDN 2 Suruhkalang. Dari hasil observasi terhadap 16 siswa. siklus I terdapat 10 siswa mendapatkan kriteria “tuntas” dengan ketuntasan belajar 62,50%. adapun 2 siswa dengan keterangan “baik” dan ketuntasan belajar 12,50%, 8 siswa dengan keterangan “cukup” dan ketuntasan belajar 50,00%, dan 6 siswa dengan keterangan “kurang” dan mendapatkan kriteria “tidak tuntas” dengan ketuntasan belajar 37.50%. Adapun, Siklus II mengalami peningkatan berupa 16 siswa mendapatkan kriteria “tuntas” dengan ketuntasan belajar 100%. 1 siswa dengan keterangan “sangat baik” dan ketuntasan belajar 6,25%, 3 siswa dengan keterangan “baik” dan ketuntasan belajar 18,75%, dan 12 siswa dengan keterangan “cukup” dan ketuntasan belajar 75,00%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022