SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah BANK Rakyat Indonesia

Ferawati, Andi (Unknown)
Nurnajamuddin, Mahfud (Unknown)
Suriyanti, Suriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Untuk menganalisis kualitas pelayanan disiplin kerja berpengaruh terhadap kepuasan kinerja nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu. Selain itu juga untuk mempelajari dan menganalisis variabel-variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh nasabah BRI Unit Mangasa Somba Opu Makassar. Pengambilan sampel dilakukakan dengan pertimbangan populasi yang jumlahnya sangat besar sehingga berupa representasi populasi.Analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Nasabah, dalam hal ini Bank BRI cabang Somba OPU telah bekerja semakin maksimal dalam menunjukkan kualitas pelayanan yang terbaik, hal yang sama juga menegaskan hasil penelitian sebelumnya bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Kualitas pelayanan secara tidak langsung memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening juga menunjukkan hasil yang signifikan dan menjadi faktor pendukung loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Layanan, Pelanggan, Loyalitas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...