Setiap pelaku usaha pastinya menginginkan perkembangan bisnisnya yang lebih baik dan maju untuk kedepannya, salah satu strategi yang bisa diterapkan bagi pelaku bisnis adalah dengan membuat bisnisnya memasuki pasar internasional. Penerapan bisnis secara internasional memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh, tidak hanya untuk bisnis. Namun, juga bermanfaat bagi negaranya. Akan tetapi, bisnis internasional tidak mudah untuk diterapkan begitu saja terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam penerapan bisnis internasional seperti, penentuan strategi yang tepat untuk memasuki pasar global, memperhatikan risiko bisnis yang dijalankan, dan faktor penunjang keberhasilan bisnis dalam pasar global. Faktor-faktor inilah yang akan digunakan sebagai bahan analisa terhadap perusahaan McDonald’s pada penelitian ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kepada para pelaku bisnis sebelum memutuskan untuk memasuki pasar internasional. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, literature review, dan media online. Dari penelitian ini, menunjukkan bagaimana strategi McDonald’s dalam memasuki pasar internasional, risiko bisnis yang dihadapi oleh McDonald’s yang terdiri dari cross- cultural risk, country risk, financial risk, dan commercial risk, serta penerapan etika bisnis, sustainability, dan corporate social responsibility yang mampu menunjang keberhasilan bisnis McDonald’s. Kata Kunci: Bisnis Internasional, McDonald’s, Strategi Bisnis, Risiko Bisnis, Etika Bisnis
Copyrights © 2023