Ketika motivasi belajar siswa dan kualitas guru tidak sinkron, maka hasil belajar siswa pun tidak akan maksimal. Motivasi belajar memiliki hubungan yang sangat kuat dengan kualitas mengajar seorang guru. Metode reward dan punishment dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya papan bintang kelas sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara berkelompok pada kelas VA di upt spf sdn kompleks ikip 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi dan observasi terhadap 40 siswa di kelas VA pt spf sdn kompleks ikip 1. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan papan bintang kelas pada kelas VA pt spf sdn kompleks ikip 1 efektif diterapkan karena pada setiap pembelajaran menunjukkan peningkatan belajar siswa, pada minggu pertama tingkat presentase pengerjaaan tugas kelompok siswa sebesar 79,5% dan pada pada minggu kedua sebesar 94% dan pada minggu ketiga sebesar 99,5%, hal ini menujukkan bahwa tingkat pembelajaran kelompok siswa mengalami peningkatan disetiap pembelajarannya
Copyrights © 2023