Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan komponen-komponen variasi gaya mengajar guru, mendeskripsikan kendala dan solusi dalam menerapkan variasi gaya mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Firdaus dan Ma’wa SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah penelitian dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian hasil, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu komponen variasi gaya mengajar yang diterapkan guru kelas III Ma’wa dan Firdaus yaitu variasi suara, memusatkan perhatian, membuat kesenyapan sejenak, kontak pandang, variasi gerak badan dan mimik. Kendala yang dihadapi guru dikelas III Firdaus dan Ma’wa adalah peserta didik terlarut dalam pembelajaran yang terlalu santai serta terkadang keluar dari topik pembahasan. Sedangkan kendala di kelas III Ma’wa adalah pembelajaran luring dan daring dilaksanakan bersamaan, sehingga fokus guru terbagi antara anak didalam kelas dan zoom meeting, selain itu jaringan internet dan listrik kurang stabil. Solusi untuk mengatasi kendala pada kelas III Firdaus adalah mengikuti alur belajar siswa kemudian mengarahkan ke materi yang dibahas, memilih media dan metode pembelajaran yang sesuai. Sedangkan solusi di kelas Ma’wa yang menerapkan variasi gaya mengajar baik secara langsung maupun secara online.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023