COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 6, No 3 (2023)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CIKATE

Usi Susilawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syarip HIdayat (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pembentukan karakter mandiri peserta didik. Karakter mandiri menjadi bahasan utama atas permasalahan yang banyak terjadi di lingkup usia sekolah dasar. Rendahnya tingkat kemandirian peserta didik dalam aktivitas pmbelajaran, memiliki hubungan sejajar dengan motivasi belajar yang menjadi dasar yang mendorong dan menggerakan peserta didik memiliki karakter mandiri. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk mengkaji hubungan antar variable penelitian. Penelitian ini dilakukan di SDN Cikate Sukabumi, sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengkaji korelasi antar variable adalah angket denggan menggunakan rating scale. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan statistika deskriptif dan inferensial dalam aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan karakter mandiri peserta didik. penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan karakter mandiri peserta didik kelas IV SDN 1 Cikate. Motivasi mempengaruhi kemandirian peserta didik sebesar 32,2%. Kekuatan hubungan antara motivasi dengan karakter mandiri peserta didik termasuk kategori sedang. Semakin tinggi motivasi pada diri peserta didik maka semakin tinggi pula karakter mandiri peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...